1. Aktivitas Pembelajaran Tatap Muka
Penuh
1)
Fasilitator mengucapkan salam
pembuka.
2)
Peserta diklat menjawab salam.
3)
Fasilitator menyampaikan tujuan
pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.
4)
Fasilitator memberikan kuis
sebagai bentuk apersepsi.
5)
Peserta diklat menjawab kuis.
6)
Fasilitator menyampaikan
penjelasan singkat tentang materi pembelajaran.
7)
Peserta diklat mencermati
penjelasan fasilitator.
8)
Peserta melakukan tanya jawab
singkat terkait penjelasan fasilitator.
9)
Fasilitator meminta peserta
diklat membentuk kelompok diskusi (@5-6 orang).
10)
Peserta diklat membentuk kelompok
diskusi
11)
Fasilitator meminta peserta untuk
membaca uraian materi pembelajaran.
12)
Di dalam kelompok peserta
menggunakan teknik skimming untuk membaca uraian materi pembelajaran.
13)
Fasilitator menyajikan beberapa
masalah yang berkaitan dengan hakikat Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
14)
Fasilitator meminta tiap kelompok
mendiskusikan masalah tersebut.
15)
Tiap kelompok mendiskusikan
masalah yang disajikan fasilitator dengan menggunakan LK01.
16)
Fasilitator memberi kesempatan
tiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
17)
Tiap kelompok secara bergantian
menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
18)
Kelompok lain memberi tanggapan
terhadap hasil diskusi kelompok penyaji.
19)
Fasilitator memberi klarifikasi
dan konfirmasi terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dan tanggapan kelompok
lain.
20)
Fasilitator dan peserta membahas
soal-soal tes formatif.
21)
Fasilitator meminta peserta
diklat untuk menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
22)
Peserta diklat menarik kesimpulan
hasil pembelajaran.
23)
Fasilitator memberi penguatan
terhadap kesimpulan peserta diklat.
24)
Fasilitator meminta peserta
diklat untuk melakukan refleksi.
25)
Peserta diklat melakukan
refleksi.
26)
Peserta melakukan tindak lanjut
hasil refleksi.
2. Aktivitas Pembelajaran In-On-In
a. Aktivitas In-1
1)
Fasilitator mengucapkan salam
pembuka.
2)
Peserta diklat menjawab salam.
3)
Fasilitator meminta salah satu
peserta diklat untuk memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai.
4)
Fasilitator menyampaikan tujuan
pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.
5)
Fasilitator memberikan kuis sebagai
bentuk apersepsi.
6)
Peserta diklat menjawab kuis.
7)
Fasilitator menyampaikan
penjelasan singkat tentang materi pembelajaran.
8)
Peserta diklat mencermati
penjelasan fasilitator.
9)
Fasilitator meminta peserta
diklat membentuk kelompok diskusi (@5-6 orang).
10)
Peserta diklat membentuk kelompok
diskusi.
11)
Fasilitator meminta peserta untuk
membaca uraian materi pembelajaran.
12)
Peserta menggunakan teknik skimming untuk membaca uraian materi pembelajaran.
13)
Fasilitator menyajikan beberapa
masalah yang berkaitan dengan hakikat Pendidikan Pacasila dan Kewarganegaraan.
14)
Fasilitator meminta tiap kelompok
mendiskusikan masalah tersebut.
15)
Tiap kelompok mendiskusikan
masalah yang disajikan fasilitator.
16)
Fasilitator memberi kesempatan
tiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
17)
Tiap kelompok secara bergantian
menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
18)
Kelompok lain memberi tanggapan
terhadap hasil diskusi kelompok penyaji.
19)
Fasilitator memberi klarifikasi
dan konfirmasi terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dan tanggapan kelompok
lain.
b. Aktivitas On
1)
Kegiatan ini dilakukan oleh
peserta diklat secara mandiri di sekolah asal.
2)
Peserta diklat membaca kembali
uraian materi pembelajaran.
3)
Peserta diklat menyiapkan dan
mencermati tagihan kegiatan On.
4)
Peserta diklat mulai mengerjakan
tagihan.
5)
Peserta diklat mengakses berbagai
sumber.
6)
Peserta diklat berdikusi dengan
teman sejawat/peserta lain/fasilitator jika menghadapi kesulitan dalam
mengerjakan tagihan.
7)
Peserta menyelesaikan
tagihan-tagihan kegiatan On dan menyiapkannya dalam bentuk bahan tayang untuk
disajikan pada kegiatan In-2.
c. Kegiatan In-2
1)
Peserta diklat mempresentasikan
hasil penyelesaian tagihan On di depan kelas.
2)
Peserta lain memberikan tanggapan
terhadap hasil presentasi.
3)
Fasilitator memberikan
klarifikasi dan konfirmasi terhadap tagihan-tagihan yang telah dikerjakan pada
tahap On.
4)
Peserta diklat menyimpulkan hasil
pembelajaran.
5)
Fasilitator menkonfirmasi
kesimpulan yang dibuat peserta diklat.
6)
Peserta diklat melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
7)
Peserta diklat merencanakan
kegiatan tindak lanjut.
0 Response to "Langkah-langkah Pembelajaran Tatap Muka Penuh, Pembelajaran In-On-In , On, In-1 dan In-2"
Post a Comment