Langkah-langkah Pembelajaran Tatap Muka Penuh, Pembelajaran In-On-In , On, In-1 dan In-2

1. Aktivitas Pembelajaran Tatap Muka Penuh

1)     Fasilitator mengucapkan salam pembuka.
2)     Peserta diklat menjawab salam.
3)     Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.
4)     Fasilitator memberikan kuis sebagai bentuk apersepsi.
5)     Peserta diklat menjawab kuis.
6)     Fasilitator menyampaikan penjelasan singkat tentang materi pembelajaran.
7)     Peserta diklat mencermati penjelasan fasilitator.
8)     Peserta melakukan tanya jawab singkat terkait penjelasan fasilitator.
9)     Fasilitator meminta peserta diklat membentuk kelompok diskusi (@5-6 orang).
10)  Peserta diklat membentuk kelompok diskusi
11)  Fasilitator meminta peserta untuk membaca uraian materi pembelajaran.
12)  Di dalam kelompok peserta menggunakan teknik skimming untuk membaca uraian materi pembelajaran.
13)  Fasilitator menyajikan beberapa masalah yang berkaitan dengan hakikat Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
14)  Fasilitator meminta tiap kelompok mendiskusikan masalah tersebut.
15)  Tiap kelompok mendiskusikan masalah yang disajikan fasilitator dengan menggunakan LK01.
16)  Fasilitator memberi kesempatan tiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
17)  Tiap kelompok secara bergantian menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
18)  Kelompok lain memberi tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji.
19)  Fasilitator memberi klarifikasi dan konfirmasi terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dan tanggapan kelompok lain.
20)  Fasilitator dan peserta membahas soal-soal tes formatif.
21)  Fasilitator meminta peserta diklat untuk menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
22)  Peserta diklat menarik kesimpulan hasil pembelajaran.
23)  Fasilitator memberi penguatan terhadap kesimpulan peserta diklat.
24)  Fasilitator meminta peserta diklat untuk melakukan refleksi.
25)  Peserta diklat melakukan refleksi.
26)  Peserta melakukan tindak lanjut hasil refleksi.


2.     Aktivitas Pembelajaran In-On-In

a.     Aktivitas In-1

1)   Fasilitator mengucapkan salam pembuka.
2)   Peserta diklat menjawab salam.
3)   Fasilitator meminta salah satu peserta diklat untuk memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai.
4)   Fasilitator menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.
5)   Fasilitator memberikan kuis sebagai bentuk apersepsi.
6)   Peserta diklat menjawab kuis.
7)   Fasilitator menyampaikan penjelasan singkat tentang materi pembelajaran.
8)   Peserta diklat mencermati penjelasan fasilitator.
9)   Fasilitator meminta peserta diklat membentuk kelompok diskusi (@5-6 orang).
10) Peserta diklat membentuk kelompok diskusi.
11) Fasilitator meminta peserta untuk membaca uraian materi pembelajaran.
12) Peserta menggunakan teknik skimming untuk membaca uraian materi pembelajaran.
13) Fasilitator menyajikan beberapa masalah yang berkaitan dengan hakikat Pendidikan Pacasila dan Kewarganegaraan.
14) Fasilitator meminta tiap kelompok mendiskusikan masalah tersebut.
15) Tiap kelompok mendiskusikan masalah yang disajikan fasilitator.
16) Fasilitator memberi kesempatan tiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
17) Tiap kelompok secara bergantian menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
18) Kelompok lain memberi tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok penyaji.
19) Fasilitator memberi klarifikasi dan konfirmasi terhadap hasil diskusi kelompok penyaji dan tanggapan kelompok lain.

b.     Aktivitas On

1)   Kegiatan ini dilakukan oleh peserta diklat secara mandiri di sekolah asal.
2)   Peserta diklat membaca kembali uraian materi pembelajaran.
3)   Peserta diklat menyiapkan dan mencermati tagihan kegiatan On.
4)   Peserta diklat mulai mengerjakan tagihan.
5)   Peserta diklat mengakses berbagai sumber.
6)   Peserta diklat berdikusi dengan teman sejawat/peserta lain/fasilitator jika menghadapi kesulitan dalam mengerjakan tagihan.
7)   Peserta menyelesaikan tagihan-tagihan kegiatan On dan menyiapkannya dalam bentuk bahan tayang untuk disajikan pada kegiatan In-2.

c.     Kegiatan In-2

1)   Peserta diklat mempresentasikan hasil penyelesaian tagihan On di depan kelas.
2)   Peserta lain memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi.
3)   Fasilitator memberikan klarifikasi dan konfirmasi terhadap tagihan-tagihan yang telah dikerjakan pada tahap On.
4)   Peserta diklat menyimpulkan hasil pembelajaran.
5)   Fasilitator menkonfirmasi kesimpulan yang dibuat peserta diklat.
6)   Peserta diklat melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
7)   Peserta diklat merencanakan kegiatan tindak lanjut.

0 Response to "Langkah-langkah Pembelajaran Tatap Muka Penuh, Pembelajaran In-On-In , On, In-1 dan In-2"

Post a Comment