Sasaran Dalam Belajar Mandiri dan Otonomi Dalam Belajar Siswa / Peserta Didik

Menurut Wedemeyer seperti yang disajikan oleh Keegan (1983), siswa/peserta didik yang belajar secara mandiri mempunyai kebebasan untuk belajar tanpa harus menghadiri pelajaran yang diberikan guru/instruktur di kelas.

Siswa/peserta didik dapat mempelajari pokok bahasan atau topik pelajaran tertentu dengan membaca buku atau melihat dan mendengarkan program media pandang-dengar (audio visual) tanpa bantuan atau dengan bantuan terbatas dari orang lain.

Di samping itu siswa/peserta didik mempunyai otonomi dalam belajar. Otonomi tersebut terwujud dalam beberapa kebebasan sebagai berikut:

a)   Siswa/peserta didik mempunyai kesempatan untuk ikut menentukan tujuan  pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan kondisi dan kebutuhan belajarnya.
b)   Siswa/peserta didik boleh ikut menentukan bahan belajar yang ingin  dipelajarinya dan cara mempelajarinya.
c)   Siswa/peserta didik mempunyai kebebasan untuk belajar sesuai dengan  kecepatannya sendiri.
d)   Siswa/peserta didik dapat ikut menentukan cara evaluasi yang akan digunakan  untuk menilai kemajuan belajarnya.

Kemandirian dalam belajar ini menurut Wedemeyer (1983) perlu diberikan kepada siswa/peserta didik supaya mereka mempunyai tanggung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya dan dalam mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Sikap-sikap tersebut perlu dimiliki siswa/peserta didik karena hal tersebut merupakan ciri kedewasaan orang terpelajar.

Sejalan dengan Wedemeyer, Moore (dalam Keegan, 1983) berpendapat bahwa ciri utama suatu proses pembelajaran mandiri ialah adanya kesempatan yang diberikan kepada siswa/peserta didik untuk ikut menentukan tujuan, sumber, dan evaluasi belajarnya. Karena itu, program pembelajaran mandiri dapat diklasifikasikan berdasarkan besar kecilnya kebebasan (otonomi) yang diberikan kepada siswa/peserta didik untuk ikut menentukan program pembelajarannya.

0 Response to "Sasaran Dalam Belajar Mandiri dan Otonomi Dalam Belajar Siswa / Peserta Didik"

Post a Comment