Macam-Macam Jenis Sumber Informasi Peserta Didik Dalam Melaksanakan Analisis Tugas

Peserta didik dalam melaksanakan analisis tugas akan membutuhkan informasi yang benar dan rinci dari semua aspek pekerjaan yang dilakukannya dan akan mengacu pada petunjuk dan prosedur yang sesuai dengan aturan.

Menurut Kemp (1985;91) “pakar adalah sumber informasi yang terbaik” setiap tugas yang baik dilampiri petunjuk analisis tugas, pembelian barang seperti furniture, televisi, dan barang lainnya sebagai petunjuk penggunaan dan perakitannya, sehingga analisis tugas dapat dilakukan dengan benar oleh si pemakai.

Orang yang tidak membutuhkan petunjuk dan analisis tugas adalah seseorang yang sudah profesional atau seseorang yang telah memiliki pengalaman dengan peralatan tersebut. Lebih lanjut, Kemp (1985;91) menambahkan untuk melengkapi dan membenarkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pakar adalah :

a)   Buku acuan, buku petunjuk, dan pustaka lain dari perpustakaan atau dari pembuat (pabrik).

b)   Film atau video dan bahan pandang-dengar lain tentang perdagangan dan kerja yang menggambarkan tugas yang akan dilaksanakan.

c)   Kunjungan ke tempat praktik kerja (yang menerapkan cara yang mutakhir) wawancara dan pengamatan mengenai tugas yang tengah dilakukan.

Selama wawancara dan pengamatan lapangan carilah fakta, rincian, atau gerakan yang ditunjukkan atau dilakukan oleh seseorang yang sedang bekerja. Semua tugas mempunyai komponen untuk diketahui dan dilaksanakan, seterusnya perhatikan faktor kesulitan dan kiat dalam melaksanakan tugas sebagai pengalaman tentang sesuatu dan keselamatan kerja yang harus diutamakan.

Dengan demikian pengalaman turun ke lapangan akan menjadi pengetahuan bagi seseorang karena mereka telah mendapat informasi tentang sesuatu yang berguna.

Analisis tugas yang seperti ini tidak ada dalam buku bacaan akan tetapi melalui wawancara dan pengamatan lapangan akan membuat seseorang berpengetahuan. Banyak seseorang yang tidak berpendidikan sesuai kemampuan yang dia miliki lantaran pengetahuan yang dia dapat melalui praktik lapangan setiap hari hingga bertahun-tahun. Sehingga dia ahli dalam melaksanakan tugas berkat meniru, bertanya, dan melihat.

0 Response to "Macam-Macam Jenis Sumber Informasi Peserta Didik Dalam Melaksanakan Analisis Tugas"

Post a Comment