Peserta
didik dalam melaksanakan analisis tugas akan membutuhkan informasi yang benar
dan rinci dari semua aspek pekerjaan yang dilakukannya dan akan mengacu pada
petunjuk dan prosedur yang sesuai dengan aturan.
Menurut
Kemp (1985;91) “pakar adalah sumber informasi yang terbaik” setiap tugas yang
baik dilampiri petunjuk analisis tugas, pembelian barang seperti furniture,
televisi, dan barang lainnya sebagai petunjuk penggunaan dan perakitannya,
sehingga analisis tugas dapat dilakukan dengan benar oleh si pemakai.
Orang
yang tidak membutuhkan petunjuk dan analisis tugas adalah seseorang yang sudah
profesional atau seseorang yang telah memiliki pengalaman dengan peralatan
tersebut. Lebih lanjut, Kemp (1985;91) menambahkan untuk melengkapi dan
membenarkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki pakar adalah :
a)
Buku acuan, buku petunjuk, dan pustaka lain
dari perpustakaan atau dari pembuat (pabrik).
b)
Film atau video dan bahan pandang-dengar lain
tentang perdagangan dan kerja yang menggambarkan tugas yang akan dilaksanakan.
c)
Kunjungan ke tempat praktik kerja (yang
menerapkan cara yang mutakhir) wawancara dan pengamatan mengenai tugas yang
tengah dilakukan.
Selama wawancara dan
pengamatan lapangan carilah fakta, rincian, atau gerakan yang ditunjukkan atau
dilakukan oleh seseorang yang sedang bekerja. Semua tugas mempunyai komponen
untuk diketahui dan dilaksanakan, seterusnya perhatikan faktor kesulitan dan
kiat dalam melaksanakan tugas sebagai pengalaman tentang sesuatu dan
keselamatan kerja yang harus diutamakan.
Dengan demikian
pengalaman turun ke lapangan akan menjadi pengetahuan bagi seseorang karena
mereka telah mendapat informasi tentang sesuatu yang berguna.
Analisis tugas yang
seperti ini tidak ada dalam buku bacaan akan tetapi melalui wawancara dan
pengamatan lapangan akan membuat seseorang berpengetahuan. Banyak seseorang
yang tidak berpendidikan sesuai kemampuan yang dia miliki lantaran pengetahuan
yang dia dapat melalui praktik lapangan setiap hari hingga bertahun-tahun.
Sehingga dia ahli dalam melaksanakan tugas berkat meniru, bertanya, dan
melihat.
0 Response to "Macam-Macam Jenis Sumber Informasi Peserta Didik Dalam Melaksanakan Analisis Tugas"
Post a Comment