Kegiatan
pembelajaran matematika anak usia dini dapat diselenggarakan di sentra, area
maupun sudut kegiatan bermain anak. Untuk mengelola kegiatan belajar yang baik
ada beberapa hal yang menjadi perhatian guru, yaitu:
1)
Kegiatan Belajar
a)
Kumpulkan
anak untuk duduk berbentuk setengah lingkaran. Jika diperlukan sediakan alas
duduk bagi anak. Posisi tersebut memberikan kesempatan pada anak untuk saling
bertatap muka.
b)
Mulailah
dengan kegiatan belajar dengan berbagai kegiatan seperti bernyanyi, bermain
peran, memberikan pertanyaan, atau mengulan konsep matematika yang sudah
dibahas sebelumnya.
c)
Buatlah
kesepakatan aturan bersama. Lakukan kegiatan membuat aturan dengan berdiskusi
dengan anak, batasi dua hingga tiga aturan saja. Misalnya tunjuk tangan jika
ingin bertanya dan mendengarkan teman saat teman berbicara.
d) Berikan anak waktu
untuk beradaptasi dengan aturan yang telah disepakati bersama. Ingat jangan
paksa anak untuk langsung paham mengenai aturan pada saat itu juga.
2)
Pengelolaan Bahan Belajar Anak
a)
Perkenalkan
hanya satu alat kegiatan main anak. Persiapkan alat main tersebut untuk
kelompok kecil misal : tiga hingga empat orang anak.
b)
Perkenalkan
alat main tersebut, jelaskan dari mana asalnya dan cara main alat tersebut.
c)
Diskusikan
bersama anak aturan bermain bersama, dan jelaskan juga alasanya. Misalnya menyimpan
alat mainan kembali pada tempatnya agar anak mudah menemukannya jika ia
memerlukannya kembali.
d)
Peragakan
apa yang akan terjadi jika anak tidak mengikuti aturan main bersama. Misalnya
jika ada anak yang membawa pulang mainan.
e)
Jika
ada anak yang tidak mentaati aturan main atau menyalah gunakan alat kegiatan
main pisahkan anak dari kelompoknya, tetapi jangan berikan peringatan, ajak
anak untuk duduk di luar kelompoknya dan minta anak untuk mengamati apa yang
dilakukan temannya. Jika anak sudah memahami kesalahannya gabungkan kembali
anak dengan kelompoknya.
3)
Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Belajar Anak
a)
Kumpulkan
alat dan bahan main sesuai dengan konsep yang akan dibahas bersama anak.
b)
Tata
alat dan bahan main anak.
c)
Pada
waktu tertentu berikan anak kesempatan untuk bereksplorasi dengan alat dan
bahan mainan baru.
d)
Lakukan
kegiatan belajar dengan tahapan sebagai berikut:
1)
Perkenalkan
konsep matematika didalam kelompok besar
2)
Atur
anak menjadi kelompok – kelompok kecil untuk melakukan aktivitas matematika.
3)
Guru
mengamati anak pada saat kegiatan berlangsung dan lakukan pencatatan. Sesekali
berikan pertanyaan pada anak untuk merangsang kemampuan berpikir dan untuk
mengetahui sejauh mana anak memahami konsep matematika dari satu kegiatan main.
4)
Pisahkan
anak yang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan. Buatlahkelompok kecil
yang terdiri dari anak-anak yang mengalami kedulitan tersebut.
5) Lakukan review dengan
melakukan tanya jawab pada anak setelah setiap kegiatan dilakukan.
0 Response to "Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di PAUD"
Post a Comment