Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di PAUD

Kegiatan pembelajaran matematika anak usia dini dapat diselenggarakan di sentra, area maupun sudut kegiatan bermain anak. Untuk mengelola kegiatan belajar yang baik ada beberapa hal yang menjadi perhatian guru, yaitu:

1) Kegiatan Belajar

a)   Kumpulkan anak untuk duduk berbentuk setengah lingkaran. Jika diperlukan sediakan alas duduk bagi anak. Posisi tersebut memberikan kesempatan pada anak untuk saling bertatap muka.
b)   Mulailah dengan kegiatan belajar dengan berbagai kegiatan seperti bernyanyi, bermain peran, memberikan pertanyaan, atau mengulan konsep matematika yang sudah dibahas sebelumnya.
c)   Buatlah kesepakatan aturan bersama. Lakukan kegiatan membuat aturan dengan berdiskusi dengan anak, batasi dua hingga tiga aturan saja. Misalnya tunjuk tangan jika ingin bertanya dan mendengarkan teman saat teman berbicara.
d)   Berikan anak waktu untuk beradaptasi dengan aturan yang telah disepakati bersama. Ingat jangan paksa anak untuk langsung paham mengenai aturan pada saat itu juga.

2) Pengelolaan Bahan Belajar Anak

a)   Perkenalkan hanya satu alat kegiatan main anak. Persiapkan alat main tersebut untuk kelompok kecil misal : tiga hingga empat orang anak.
b)   Perkenalkan alat main tersebut, jelaskan dari mana asalnya dan cara main alat tersebut.
c)   Diskusikan bersama anak aturan bermain bersama, dan jelaskan juga alasanya. Misalnya menyimpan alat mainan kembali pada tempatnya agar anak mudah menemukannya jika ia memerlukannya kembali.
d)   Peragakan apa yang akan terjadi jika anak tidak mengikuti aturan main bersama. Misalnya jika ada anak yang membawa pulang mainan.
e)   Jika ada anak yang tidak mentaati aturan main atau menyalah gunakan alat kegiatan main pisahkan anak dari kelompoknya, tetapi jangan berikan peringatan, ajak anak untuk duduk di luar kelompoknya dan minta anak untuk mengamati apa yang dilakukan temannya. Jika anak sudah memahami kesalahannya gabungkan kembali anak dengan kelompoknya.

3) Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Belajar Anak

a)   Kumpulkan alat dan bahan main sesuai dengan konsep yang akan dibahas bersama anak.
b)   Tata alat dan bahan main anak.
c)   Pada waktu tertentu berikan anak kesempatan untuk bereksplorasi dengan alat dan bahan mainan baru.
d)   Lakukan kegiatan belajar dengan tahapan sebagai berikut:
1)   Perkenalkan konsep matematika didalam kelompok besar
2)   Atur anak menjadi kelompok – kelompok kecil untuk melakukan aktivitas matematika.
3)   Guru mengamati anak pada saat kegiatan berlangsung dan lakukan pencatatan. Sesekali berikan pertanyaan pada anak untuk merangsang kemampuan berpikir dan untuk mengetahui sejauh mana anak memahami konsep matematika dari satu kegiatan main.
4)   Pisahkan anak yang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan. Buatlahkelompok kecil yang terdiri dari anak-anak yang mengalami kedulitan tersebut.
5)   Lakukan review dengan melakukan tanya jawab pada anak setelah setiap kegiatan dilakukan.
            

0 Response to "Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di PAUD"

Post a Comment