Pembelajaran
matermatika pada anak usia dini merupakan proses yang akan terus terjadi
sepanjang kehidupan anak. Anak membangun pengetahuan dan keterampilan melalui
interaksi langsung dengan lingkungan dan orang lain yang berada disekitar anak.
Oleh
karena itu anak harus diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk
berinteraksi sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam
menemukan dan mempelajari fakta, menemukan konsep, dan membuat hubungan antara
satu konsep dengan konsep lainnya sehingga bermakna dan bermanfaat bagi
kehidupan anak kelak.
Adapun
landasan pembelajaran matematika pada anak usia dini, yaitu: anak dapat
mempelajari fakta-fakta, berpikir kritis, anak mampu
untuk memecahkan masalah, dan bermakna bagi anak. Konsep matematika anak usia
dini sebenarnya dipelajari oleh anak sejak bayi melalui kegiatan sehari-hari.
Misalnya pada saat bayi sudah dapat membedakan mana suara ibunya dengan orang
lain. Pada usia dua tahun anak mulai dapat memilih pasangan pakaiannya sendiri,
melalui kegiatan ini anak mulai membangun konsep mencocokan (matching).
0 Response to "Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini "
Post a Comment